Sebanyak 90 Orang PTPS Sekecamatan Jatingara Dilantik

Berita26 Views
banner 468x60

 

 

banner 336x280

Ciamis Busernusantarasorottv.com– Pelantikan dan Bintek pengawas tempat pemugutan suara ( PTPS ) sekecamatan Jatinagara, senin 22 Januari 2024 bertempat di sekretariat panwascam Jatinagara.

 

Hadir dalam acara tersebut Camat, Danposramil, Kapolpos, PKD dan para peserta PTPS yang berjumlah 90 Orang sekecamatan Jatinagara.

 

Dudung Wahyu Komara S.IP ketua Panwascam Jatingara dalam sambutanya menyampaikan bahwa tugas dan wewenang PTPS yaitu, mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan pengitungan suara, mengawasi pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

Adapun wewenang bagi PTPS menurut Dudung yaitu, menyampaikan keberatan dalam hal ditemukan dugaan pelanggaran, kesalahan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara, menerima salinan berita acara dan setifikat pemungutan dan pengitungan suara dan melaksanakan wewenang lain sesuai peraturan perundang undangan,” tuturnya.

 

PTPS wajib menyampaikan laporan hasil pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu kelurahan atau Desa, melaporkan hasil pengawasan kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan atau Desa.

 

PTPS dilarang mempengaruhi dan mengintimidasi pemilih dalam menentukan pilihanya, melihat pemilih mencoblos surat suara dalam bilik suara, mengerjakan atau membantu persiapan atau perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara serta mengisi pormulir pemungutan suara dan hasil penghitungan suara, mengganggu kerja KPPS dalam melaksanakan tugas dan kewenanganya, jangan menggangu pelaksanan pemungutan suara dan penghitungan suara.

 

Kewajiban PTPS mengisi Formulir A, gunanya untuk mencata setiap peristiwa dan hasil dari pengawasan dugaan pelanggaran dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, pormulir A, juga sebagai sarana untuk menjelaskan tentang upaya pencegahan dan saran perbaikan dari pengawasan di TPS yang di kirim ke pengawas Kecamatan melalui pengawas Kelurahan atau Desa.

Baca Juga  Longsor di Kadugede: Babinsa dan Masyarakat Bergerak Cepat

 

Selanjutnya Dudung mengucapkan selamat kepada semua PTPS yang baru saja dilantik sebanyak 90 Orang sekecamatan Jatinagara semoga amanah dan bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai PTPS sesuai dengan peraturan perundang undangan dan kami berharap dalam pelaksanaan pemilu 2024 nanti bisa berjalan dengan aman, lancara sukses tanpa exses,” pungkasnya.

(Agus pratama)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *