Kampanye kotak kosong perlu di atur pada Pilkada serentak 2024

Berita13 Views
banner 468x60

 

BENGKULU : busernusantarasorottv.com : Penggerak kotak kosong Zulkifli Chaniago mengatakan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) perlu membuat aturan secara Eksplisit terkait kampanye kotak kosong demi menjaga azas keadilan pada Pilkada serentak 2024.

banner 336x280

 

Zulkifli Chaniago saat di hubungi di kediaman nya menekankan hal itu mengingat banyak daerah hanya memiliki satu pasang calon kepala daerah atau calon tunggal pada Pilkada serentak 2024

 

Saya kira perlu ada aturan secara Eksplisit terkait kampanye kotak kosong dalam peraturan dalam komisi pemilihan umum (PKPU) kata kata Zulkifli menuturkan bahwa selama ini tidak ada larangan terkait kampanye kotak kosong, namun di sisi lain tidak ada regulasi lain yang mengatur apabila kotak kosong itu benar benar di Kampanyekan oleh masyarakat secara Masif..

 

Menurut nya mempasilitasi aturan kampanye bukan berarti KPU mendukung kotak kosong atau khawatir di anggap mengajak orang lain golput atau tidak memilih.

 

Sebaiknya aturan tersebut diperlukan untuk memberikan bagi calon tunggal dalam berkontestasi melawan kotak kosong pada Pilkada serentak 2024.

 

Menurut dia, aturan tersebut kampanye kotak kosong mendesak diperlukan terlaksana apabila Makamah Konstitusi (MK) mengembalikan gugatan UU pemilu yang meminta opsi kotak kosong dalam kertas diberlakukan di setiap daerah penyelenggara Pilkada 2025.

 

“Aturan terkait itu kotak kosong jelas di perlukan apalagi jika disemua daerah menyiapkan opsi kotak kosong ujarnya.

 

Komisi pemilihan umum (KPU) mencatat ada 41 daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon kepala daerah atau calon tunggal pada Pilkada serentak 2024. Berdasarkan data 35 Kabupaten, 5 Kotak,1 Propinsi pungkas nya.Demikian.

 

(ThomasBKL)

banner 336x280
Baca Juga  TENKY BBM SOLAR SUBSIDI BEBAS KENCING, PENADANYA DIDUGA SUPIR TENKY YANG SUDAH DI PHK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *