BKKBN Kabupaten Kuningan, Luncurkan Sekolah Lansia “Adhi Rajasa” di Desa Kertayasa Sindangagung

Berita23 Views
banner 468x60

Kuningan, Busernusantrasorottv.com-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kabupaten Kuningan meluncurkan sekolah lansia Bina Keluarga Lansia (BKL) “Adhi Rajasa” di desa kertayasa, kecamatan Sindanagung,kabupaten Kuningan, Senin (3/6/2024). Peluncuran program sekolah lansia ini dilakukan secara simbolis oleh Ibu Pj Bupati Kuningan, Susi Widyawati Hidajat

Ia mengapresiasi serta mendukung penuh program yang diinisiasi oleh BKKBN Kuningan ini. Diharapkan kegiatan ini dapat memberdayakan sekaligus memberikan edukasi terhadap lansia yang ada di Kabupaten Kuningan. Terlebih, angka harapan hidup di Kabupaten Kuningan cukup tinggi yakni 76 tahun.

banner 336x280

“Sebenarnya program seperti ini di Kabupaten Kuningan sudah kita lakukan di hampir padukuhan, melalui program Desa Inovatif dan Desa Unggulan. Hanya beda istilah saja. Ini upaya kita bagaimana angka harapan hidup di Kuningan itu tinggi, dan sekaligus sejahtera,” jelasnya.

Kepala dinas BKKBN Kuningan H. Uca Somantri menerangkan, bahwa jumlah lansia di kabupaten Kuningan cukup tinggi, dikatakan bahwa ini akan terus bertambah lagi. Untuk itu, kegiatan Sekolah Lansia ini dimaksudkan agar lansia bisa tetap sehat dan produktif.

Di antara kegiatan yang ada di Sekolah Lansia ini yaitu penguatan tujuh dimensi lansia, yakni dimensi spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional, dan lingkungan. Sekolah lansia ini dilaksanakan dalam tiga jenjang, yaitu standar 1, 2, dan 3. Pada setiap standar para lansia akan mendapatkan materi yang berbeda-beda. Ucap nya.

Kepala Desa Kertayasa, Arif Amarudin menambahkan, dalam kegiatan ini bekerja sama dengan puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan peserta, juga bekerja sama dengan MUI, UMKM, pertanian, dan semua peserta akan di arah kan dengan bidang nya masing masing.

” Ini sangan menarik karena dinas akan di ajak kerja sama, jadi tuturnya nanti dari kabupaten,dari dinas,dari akademisi, termasuk guru guru lokal yang masuk ke desa, sehingga harapan nya, 13 kali pertemuan di akhiri dengan wisuda,semua peserta lansia menjadikan lansia bisa berkarya”. Pungkas nya.

Baca Juga  Rangkul Generasi Muda, Majukan Wastra Warisan Budaya Nusantara

Dalam acara kegiatan ini di hadiri, Ibu Pj Bupati, Kadis BKKBN, tim ahli dari propinsi Jawa barat, Camat Sindangagung, Bhabinsa, tamu undangan juga peserta yang berada di Desa Kertayasa.

(WR)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *