Dengan Meriah, Warga Desa Singkup Memperingati Tahun Baru Islam 1446 H

Berita25 Views
banner 468x60

 

Kuningan,Busernusantrasorottv.com-Dalam kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 terbitan Kementerian Agama (Kemenag) RI, Tahun Baru Islam 1446 Hijriah atau 1 Muharam jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024. Untuk itu, memasuki tahun baru menurut kalender Islam, umat muslim diharapkan bisa melakukan introspeksi diri atau yang dikenal sebagai muhasabah, sekaligus menambah keimanan dan ketakwaan.

banner 336x280

 

Untuk menyambut tahun baru islam 1446 H, Desa Singkup Kecamatan Japara Kabupaten kuningan gelar zikir bersama, yang di gelar di aula bale desa Singkup karna cuaca tidak mendukung, biasanya acara tersebut di gelar di alun alun desa, selain zikir bersama seluruh masyarakat mengadakan pawai obor, yang di pimpin tokoh masyarakat, ulama, juga para kiayai.

Dalam kemeriahannya acara tersebut hadir pula camat Japara Iman Firmansyah,S.STP. Kepala desa Singkip, BPD, LPM, beserta jajaran nya, tokoh, Alim Ulama, juga seluruh warga masyarakat Desa Singkup.

 

Kepala Desa Singkup Mas’ ud menerangkan, musahabah sangat penting dilakukan sebagai hamba Allah SWT. Untuk itu, jadikan peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah ini, menjadi lebih baik. Baik dalam menjaga hubungan dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia.

 

“Dalam kehidupan menurutnya ada dua hal yang harus dijaga, hubungan dengan Allah SWT (Hablum Minallah) dan hubungan dengan manusia (Hablum Minannas). Hablun Minallah dilakukan dengan melaksanakan perintah Allah, melaksanakan salat, puasa, zakat, dan naik haji. Sementara Hablun Minannas adalah menjaga hubungan baik dengan sesama manusia.”ujarnya.

 

Ustadz Nunu Nurihman, menambahkan pergantian tahun baru pada 1 Muharram 1446 H hendaknya dimaknai sebagai perbaikan yang kurang, sekaligus semakin meningkatkan amalan ibadah kepada Allah SWT.

 

‘Tahun baru hijriyah atau disebut juga tahun baru Islam merupakan salah satu hari penting bagi umat muslim. Karena tahun baru hijriyah diperingati dengan maksud agar umat Islam mampu mengambil i’tibar (pelajaran) dari peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah,” jelasnya.

Baca Juga  TANTAWI DALI S,SOS.MM  NO.URUT 1 DARI PARTAI NASDEM NO.5 MASIH BANYAK PEMBANGUNAN YANG HARUS DIPERJUANGKAN

 

Untuk menjaga sinergitas dan silaturahmi setelah melaksanakan dikir bersama seluruh masyarakat desa Singkup melakukan makan bersama, yang di bawa dari warga Rt masing-masing.

 

(WR)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *