Kapolresta Cirebon Hadiri Peresmian Command Center Korlantas Polri

Polisi3 Views
banner 468x60

Cirebon – Buser Nusantara Sorot TV – Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, SIK, SH, MH, menghadiri peresmian Command Center KM 188 di eks Kantor Gerbang Palimanan Tol Cipali Kabupaten Cirebon, Senin (1/4/2024). Command Center yang bertujuan sebagai lokasi pusat kendali operasional arus lalu lintas di wilayah Jawa Barat tersebut merupakan hasil kolaborasi PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) bersama Korlantas Polri.

Kegiatan tersebut juga Dihadiri oleh Presiden Direktur Astra Tol Cipali Billy Perkasa Kadar, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Dr. Aan Suhanan, M.SI, yang diisi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, SH, SIK, dan Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Dr. Triono Junoasmono, ST, M,

banner 336x280

“Penggunaan Kembali ex Kantor Gerbang Tol Palimanan ini merupakan salah satu bentuk sinergi Astra Tol Cipali dengan Korlantas Polri dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan. Dengan keberadaan Command Center di KM 188 Palimanan ini, kami berharap informasi lalu lintas di Ruas Tol Cipali dapat tercapture secara real time,” ungkap Rinaldi, Direktur Operasional Astra Tol Cipali.

Penguatan sistem informasi melalui command center yang di inisiasi langsung oleh Kakorlantas Polri saat kunjungan kerja Nataru di tahun 2023 lalu ini disambut baik oleh Astra Tol Cipali. Hal ini sejalan dengan pemanfaatan kembali kantor Palimanan Utama pasca adanya integrasi transaksi tol di Ruas Tol Cipali dengan Ruas Tol Cikampek dan Kalikangkung pada tahun 2022.

Astra Tol Cipali memastikan Command Center KM 188 tak hanya siap digunakan dari sisi infrastruktur saja untuk mendukung fungsinya sebagai pusat komunikasi dan koordinasi lalu lintas. Dari sisi visual, pemantauan lalu lintas dapat dilihat melalui 9 dinding yang berisi CCTV Ruas Tol Cipali, CCTV Ruas Tol Cisumdawu, CCTV Ruas Tol Jasamarga, hingga dashboard informasi Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) serta Monitoring Lalu Lintas Per Jam (MLPJ).

Baca Juga  AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo SIK Kapolresta Deli Serdang Meninjau Dan Cek Gudang Logistik KPU 

Sedangkan dari sisi komunikasi, Command Center KM 188 telah dilengkapi dengan meja operator radio oleh Polda Jabar yang berfungsi sebagai alat komunikasi utama antara petugas di Command Center dengan petugas yang berada di lapangan.

“Dengan fasilitas pendukung yang telah siap, Astra Tol Cipali yakin koordinasi pengaturan lalu lintas bersama dengan Korlantas Polri akan semakin optimal,” tutup Rinaldi, tutupnya.

( M. Budi ) Manajer Sirkulasi Iklan 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *