Kepala Kemenag Kota Cirebon Membuka KSM Untuk Siswa Jenjang Tingkatkan Dalam Kompetensi Sains Berbasis Qurani

Berita1 Views
banner 468x60

Cirebon – Buser Nusantara Sorot TV – Kementerian Agama Republik Indonesia dalam programnya terus gencar meningkatkan kualitas dan kompetensi di berbagai layanan, tak terkecuali layanan di bidang pendidikan. Karenanya sejumlah program digelar guna mewujudkan hal ini, salah satunya Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid pada saat seremoni pembukaan KSM Tingkat Kota Cirebon Tahun 2024 di aula kantor (28/6/2024).

“Pada saat ini kemenag gencar berikhtiar meningkatkan kompetensi di bidang pendidikan. Peningkatan kompetensi dilaksanakan dari dua hal, yakni kompetensi gurunya, dan kompetensi siswanya. Beberapa waktu lalu telah digelar AKGTK yang merupakan program mengukur kompetensi bagi guru. Hari ini kita hadiri bersama-sama pembukaan KSM Tahun 2024, yang merupakan bagian dari pengukuran kualitas dan kompetensi siswa di bidang sains,” ucapnya.

banner 336x280

Moh. Khuailid dengan di dampingi Kasi Penmad kemenag kota Cirebon H.Jajang Badruzaman dalam pertemuan dengan seluruh kepala Madrasah setiap jenjang menambahkan bahwa KSM merupakan kompetisi yang unik karena memadukan sains dengan Al-Qur’an dan kajian ilmu agama Islam lainnya. Siswa yang mengikuti lomba berkesempatan untuk menelaah soal-soal eksakta sekaligus mengusung semangat Qur’ani. Terlebih sains tidak dapat dipisahkan dari Al-Qur’an. Karena di dalam Al-Qur’an sendiri banyak sekali bahasan-bahasan mengenai sains, jelasnya.

“Kita ingat kembali di masa lampau. Ketika manusia percaya bahwa matahari, planet, dan benda langit lainnya bergerak mengelilingi bumi, Al-Qur’an justru telah menjelaskan secara gamblang bahwa bumi dan planet lainnya bergerak mengelilingi matahari. Ini membuktikan bahwa sains tidak bisa dipisahkan dari kajian Ilmu Al-Qur’an,” ungkapnya.


Dan lanjutnya lagi bahwa Sains itu sudah di dahului oleh ulama ulama masa lalu dalam dunia Islam masa keemasannya ,baik itu ilmu kedokteran,matematika,geografi dll itu supaya dorongan dari pemahaman Al-Qur,an dalam penerapannya, tambahnya.

Baca Juga  Apdesi Kabupaten Karimun, Ikuti MoU DPD. Apdesi Provinsi Kepri Dengan Kapolda Kepri

Karenanya, Khuailid mendorong para siswa untuk senantiasa mengobarkan semangat Qur’ani untuk mempelajari dan menelaah ilmu sains hingga memberikan dampak positif bagi kemajuan zaman di masa depan, imbuhnya.

KSM Tingkat Kota Cirebon dijadwalkan berlangsung selama 3 hari pada 1-3 Juli 2024. KSM dilaksanakan serentak secara nasional, di mana pelaksanaan KSM Tingkat Kota Cirebon dipusatkan di MAN 1 Kota Cirebon, Pungkasnya.

( Abah Roy )

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *