Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan Tinjau Lokasi Longsor di Kabupaten Kuningan

Berita20 Views
banner 468x60

Selajambe,busernusantarasorottv.com– Dandim 0615/Kuningan Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan meninjau lokasi tanah longsor yang berada di 3 desa, yakni Desa Cimenga Kecamatan Darma, Desa Padahurip, dan Desa Cantilan Kecamatan Selajambe, Jumat (12/4/2024).

Hujan deras yang terjadi pada Kamis (11/4/2024) sekira pukul 23.00 WIB itu, telah mengakibatkan longsor dibeberapa titik sehingga akses jalan tetutup tidak bisa dilalui kendaraan.

banner 336x280

Menurut informasi dari Babinsa 1504/Subang Serka Yusuf Pahtiar dan Serka Momon, longsor terjadi di Jalan Desa Blok Dusun Cipicung RT 06 RW 02 Desa Padahurip Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan, dengan tinggi material menutupi jalan 3 meter dengan panjang 10 meter.

“Longsor juga terjadi di Jalan Desa Blok Dusun Babakan RT 08 RW 03 Desa Padahurip Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan, dengan tinggi material menutupi jalan 3 meter dan lebar 10 meter. Lalu di Jalan Desa Blok Cipiciung (Sanghiang) kondisi amblas dengan lebar 3 meter dan tinggi 10 meter,” terangnya.

Selain itu, kata Yusuf, longsor juga terjadi di Jalan Raya Cipasung Subang Blok Luluk Desa Padahurip, longsor menutupi jalan dengan tinggi 30 meter dan lebar 15 meter. Kemudian di Blok Camas Dusun Belah RT 09 RW 04 Desa Cantilan Kecamatan Salajambe sehingga menutup jalan raya Cipasung – Subang dengan panjang 40 meter tinggi 30 meter dengan ketebalan 4 meter.

“Tanah longsor juga terjadi di Desa Cimenga Dusun I RT 07 RW 01 Blok Babakan Sari Kecamatan Darma dengan panjang 20 meter dan tinggi 10 meter,” ujarnya.

Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana menjelaskan, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparat setempat untuk melalukan upaya penanganan.

“Untuk diwilayah Kecamatan Darma, longsor yang terjadi¬† di Desa Cimenga sedang dilaksanakan pengerukan oleh alat berat. Sedangkan di wilayah Kecamatan Selajambe longsor di perbatasan Desa Cantilan dan Desa Padahurip sedang dilaksanakan pengerukan oleh alat berat. Namun longsoran yang terjadi di wilayah Desa Padahurip belum di kerjakan karena akses alat berat terhalang di Desa Cimenga,” jelas Ibe sapaan akrabnya.

Baca Juga  Kades Danau Lancang Beri Penjelasan Tentang Kekayaan dan Jalan Rusak Di Desanya

Sementara itu, Dandim 0615/Kuningan Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kuningan khususnya yang berada di daerah rawan longsor agar senantiasa berhati hati dan waspada karena cuaca saat ini cukup ekstrim.

“Kepada warga masyarakat agar senantiasa berhati hati dan tetap waspada apalagi cuaca saat ini cukup ekstrim. Karena longsoran ini, untuk penerangan hanya Desa Padahurip yang mati listriknya. Namun kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait rencana mau ngambil jalur arus listrik dari Desa Palasari – Ciamis,” ungkap Dandim.

Tampak hadir dalam giat tersebut Camat Selajambe Sandi Pandu Mahesa, Camat Darma Rangga, Kapolsek Selajambe Iptu Sriyanto, Kapolsek Darma AKP Sutarja, Pa Sandi Kodim 0615/Kng Letda  Inf Waris, Kades Cimenga Nana Rukmana dan warga masyarakat Desa Cimenga Kecamatan Darma dan Desa Padahurip Kecamatan Selajambe.(WR)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *