Tidak Terbukti Dituduh Gelapkan BB, Polisi Divonis Bebas 

Berita10 Views
banner 468x60

 Medan, Busernusantarasorot tv-Majelis hakim yang diketuai Ahmad Sumardi menjatuhkan vonis bebas terhadap oknum polisi bernama Aipda Suhendri (48) yang didakwa menggelapkan BB narkoba.

 

banner 336x280

Dalam amar putusan majelis hakim, menjelaskan bahwa perbuatan oknum polisi yang bertugas di Polsek Medan Area itu tidak terbukti sebagaimana dakwaan jaksa penuntut umum.

 

“Mengadili, menyatakan terdakwa Suhendri tidak terbukti sebagaimana dakwaan jaksa. Menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa,” tegas hakim di Ruang Cakra V, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (4/10/2023).

 

Hakim juga meminta agar terdakwa dibebaskan dari kurungan, dan memulihkan hak-hak terdakwa seperti keadaan semula.

 

Setelah membacakan amar putusan, majelis hakim memberikan waktu 7 hari kepada penasehat hukum terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Trian Adhitya Ismail untuk pikir-pikir.

 

Sementara dalam persidangan sebelumnya, jaksa menuntut agar terdakwa dijatuhi hukuman 6 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp800 juta dengan subsider 3 bulan penjara.

 

Selanjutnya, dalam dakwaannya jaksa, menjelaskan bahwa kasus ini bermula pada tahun 2022 yang saat itu polisi dari Polsek Medan Area melakukan penangkapan terhadap Petrus Persaoran Sinaga (berkas perkara terpisah) di Jalan Berdikari No.27, Kelurahan Sei Putih, Kecamatan Medan Petisah.

 

“Saat penangkapan, ditemukan 1 klip bungkus sabu yang berisi 1,15 gram, 1 klip sabu dengan berat 0,20 gram, dan pil ekstasi berisi 98 butir pil ekstasi di kamarnya. Lalu dibawa ke Polsek Medan Area untuk diproses lebih lanjut,” ucap Jaksa.

 

Jaksa melanjutkan, Terdakwa Suhendri menerima barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dan ekstasi milik Petrus Persaoran Sinaga dari Philip Antonio Purba di ruangan kanit Reskrim Polsek Medan Area.

 

“Setelah Terdakwa Suhendri menerima barang bukti narkotika dari Petrus Parsauran Sinaga dan memeriksa Petrus Persauran Sinaga tetapi Terdakwa Suhendri tidak melakukan penyegelan terhadap barang bukti narkotika tersebut dan tidak melanjutkan berkas perkara narkotika tersebut karena Terdakwa Suhendri mengalami masalah keluarga dan selanjutnya menyimpan barang bukti di laci meja,” jelasnya.

Baca Juga  JANGAN CEPAT MELAPOR PENCEMARAN NAMA BAIK, JIKA ADA YANG MELAPOR KASUS KORUPSI : INI PENJELASAN DARI PROF, DR, JUANDA.SH,MH

 

Selanjutnya, kata jaksa, terdakwa Suhendri membawa barang bukti narkotika tersebut ke rumah pribadinya yang beralamat di Jalan Sumber Amal Blok 5 FF Kelurahan Kedai Durian Kecamatan Medan Johor Kota Medan.

 

“Setelah itu, Anggota Polri Sei Propam menjemput barang bukti narkotika dari Terdakwa. Lalu, Terdakwa Suhendri datang seorang diri ke Sei Propam Polrestabes Medan, dan selanjutnya Sei Propam Polrestabes Medan membawa dan menyerahkan Terdakwa Suhendri ke Sat Res Narkoba Polrestabes Medan,” ujarnya.

 

Jaksa menegaskan, terdakwa Suhendri tidak memiliki izin dari pemerintah untuk menawarkan untuk memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

,(L/SMS).

banner 336x280

Related Posts

Don't Miss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *