BUPATI SAMOSIR AJAK IDN AUSTRALIA KERJASAMA

Pemerintahan15 Views
banner 468x60

Samosir,busernusantarasorottv-Kunjungan Indonesia Diaspora Network (IDN) Australia di Kabupaten Samosir disambut baik Bupati Samosir Vandiko T. Gultom. Melalui Kunjungan ini diharapkan terjalin sebuah kerjasama antara Pemkab Samosir dengan IDN Australia. Hal ini disampaikan Bupati Samosir,  Vandiko T. Gultom saat acara  kunjungan IDN Australia di Rumah Dinas Bupati Samosir, 23/10.

IDN Australia yang hadir diantaranya President IDN Australia, Hendra Wijaya, Wakil President IDN Australia, Ben Tampubolon, Former President IDN Pert, Haris Kumar, Sesepuh IDN Australia, Rasyid, Vetta Yetti dari Kementerian Perdangangan RI,  Event Organizer IDN Australia, Cristine Damanik. Turut Hadir mendampingi Bupati Samosir, Jajaran OPD Pemkab Samosir, Pabung O210 TU G. Sebayang, Danramil Pangururan, Sugino, Camat Pangururan, Robintang Naibaho.

banner 336x280

Kerjasama yang diharapkan Bupati Samosir dapat  lebih komplit untuk promosi produk-produk  UMKM dan Pariwisata Kabupaten Samosir di Australia. “Terima kasih dan semoga bapak ibu yang berkunjung menikmati pariwisata dan  UMKM sehingga kedepan dapat dipasarkan di Australia” kata Vandiko.

Lebih lanjut, Bupati  Samosir menjelaskan, selain alam yang cukup indah, Kabupaten Samosir sebagai Central Danau Toba merupakan kawasan strategis pariwisata Nasional, memiliki budaya dan merupakan Titik Nol peradaban Batak sehingga sangat layak untuk dikunjungi. Salah satu produk UMKM yang diperkenalkan dan langsung dicicipi rombongan IDN Australia adalah Kopi asli Samosir yang memiliki histori yang tidak dimiliki daerah lain yaitu merupakan hasil pertanian daerah letusan gunung purba.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Diaspora Australia, terima kasih sudah memilih Samosir sebagai tujuan. Selamat datang di Negeri Indah Kepingan Surga titik Nol Peradaban Batak” kata Vandiko.

Terlebih dengan adanya Event Aqua bike bertaraf Internasional di Danau Toba, Vandiko meminta IDN Australia  membantu promosi sehingga dapat mendatangkan wisatawan ke Samosir. Ditambahkan bahwa  Kabupaten Samosir juga menggelar “Samosir Music International” yang mengundang musisi dari Luar negeri menyanyikan lagu Batak seperti dari Itali dan Austria.

Baca Juga  Lake Toba Writer Festival 2023 Digelar di Samosir

Presiden IDN Australia, Hendra Wijaya menjelaskan kunjungannya bersama tim ke Samosir dalam rangka melihat potensi Pariwisata, Kebudayaan, Perdangangan dan Investasi. Menurutnya, Pariwisata di Kabupaten Samosir merupakan suatu bentuk yang menarik bagi semua orang.
“Saya rasa akan menjadi bentuk promosi yang sangat bagus, sehingga teman-teman di Australia dapat menikmati keindahan alam Kabupaten Samosir” Ucapnya.

Hendra Wijaya yang  merasa terhormat dengan jamuan makan khas Batak memuji keindahan Sibea-bea, diyakini akan dapat menarik wisatawan lokal dan luar negeri.

Sementara itu, Wakil President IDN Australia, Ben Tampubolon berharap ada tindak lanjut kedepan, seperti halnya membantu kopi Samosir yang sudah memiliki kemasan yang bagus dapat masuk ke Australia. Menjadi rekan kerja, membawa Teknologi  yang ada di Australia ke Samosir dan sebaliknya membawa produk yang ada di Samosir untuk dipromosikan di Australia.
Ben Tampubolon menambahkan dengan adanya berbagai kerjasama kedepan, melalui  off-road pihaknya dapat membawa 30-an club offroading untuk menikmati alam yang menantang. Melalui pendidikan, dijelaskan masyarakat Indonesia datang ke Australia menimba Ilmu, bekerja, menabung dan pulang ke Indonesia membuka Usaha.

“Meski kami hidup di Australia hati kami ada di Indonesia, selanjutnya kami akan membuat rangkuman dan melaporkan kepada dubes dan komjen serta dengan senang hati akan membantu promosi Kabupaten Samosir. Inilah kerinduan hati kami, tidak hanya ngomong saja.” kata Ben Tampubolon

Sebagai tanda kehormatan, Bupati Samosir memberikan ulos kepada President IDN Australia dan rombongan.
(jhones turnp)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *