Dialog Informal Komandan Kodim: Menggali Kendala dan Harapan Kepala Desa

banner 468x60

Kuningan,Busernusantarasorottv.com-Komandan Kodim 0615/KNG, Letkol Inf Bambang Kurniawan, mengunjungi Kepala Desa di seluruh Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan, pada hari Senin (29/1/2024). Pertemuan berlangsung di Balai Desa Pakapasan Girang, Kecamatan Hantara, tempat Letkol Inf Bambang Kurniawan menjalankan dialog santai dengan seluruh Kepala Desa, termasuk yang mewakili Tundagan, Buni Geulis, Hantara, Pakapasan Girang, Pakapasan Hilir, Cikondang, Citapen, dan Pasiragung.

Sambil menikmati jamuan sederhana, Letkol Inf Bambang Kurniawan, dengan pangkat TNI melati dua, secara antusias menerima berbagai cerita dan masalah dari para Kepala Desa, mulai dari isu pertanian hingga aspek sosial ekonomi di wilayah tersebut.

banner 336x280

Dalam suasana “Ngadu Bako” informal ini, Dandim menyampaikan tujuan kunjungannya untuk mendengar secara langsung kendala-kendala yang dihadapi oleh para Kepala Desa. “Ini seperti tradisi “Ngawangkong” di mana kita ingin tahu secara dekat masalah-masalah yang dihadapi oleh kepala desa di lapangan. Hal ini nantinya akan menjadi dasar untuk menyelaraskan program-program pemerintah daerah,” jelasnya.

Menurut Dandim, mayoritas kendala yang diungkapkan oleh para Kepala Desa terkait dengan kondisi jalan penghubung antar dusun atau desa. Selain itu, Dandim juga menyoroti pentingnya menjaga stabilitas keamanan, terutama dalam konteks Pilpres yang sedang berlangsung. “Saya turun ke lapangan ini untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dengan para kepala desa dan peran Babinsa,” tambahnya.

Dandim menegaskan bahwa menjaga keamanan di Kabupaten Kuningan, yang dikenal sebagai wilayah yang tenang dan aman, adalah suatu keharusan. “Kita tidak boleh lengah,” tegasnya.

Tak hanya itu, dalam dialog informal tersebut, Dandim juga membahas program ketahanan pangan sebagai respons terhadap arahan pimpinan atas mengenai pentingnya food estate. “Kita perlu menjadikan wilayah ini mandiri secara pangan untuk mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Pelantikan Kuwu Dan Pengambilan Sumpah Kabupaten Cirebon - 2023.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Pakapasan Girang, Sudarman, memberikan apresiasi atas kunjungan Dandim 0615/KNG ke desanya. Ia berharap kehadiran tersebut membawa berkah dan manfaat bagi warga desa. Sudarman juga memberikan penghargaan khusus kepada Babinsa yang telah memberikan kontribusi luar biasa di lapangan. Sebagai mitra, kehadiran Babinsa di wilayahnya dinilai sangat membantu dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh warga. “Kerja dan tugas Babinsa sungguh luar biasa, kami sangat merasa terbantu oleh mereka. Bahkan, ada saatnya mereka rela tidak tidur selama 2 hari 2 malam untuk membantu warga yang mengalami kesulitan,” ungkap Kepala Desa Pakapasan Girang dengan penuh apresiasi.(Warsa)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *