Kadis PMD Sangat Penting Di Laksanakan Sosialisasi Edukasi Agar Jangan Salah Dan Bias Perangkat Desa Menggunakan Dana Desa yang Ada

banner 468x60

Deliserdang,Busernusantarasorot tv-Bimtek ini Penting untuk Perangkat Desa khususnya Kaur Keuangan dan Kaur Pemerintahan karna ini merupakan modal pengetahuan dan pemahaman untuk melaksanakan Job desk dalam perangkat desa di masing_masing desa mereka.

Oleh karenanya kegiatan ini di ikuti sejumlah pihak selain Dinas PMD Deliserdang ada juga Tenaga Ahli all: Infokom Deli Serdang, Komisi Informasi publik ( KIP ), PWI Sumut, BPKP, Inspektorat, Intel Polresta dan OMBUDSMAN.

banner 336x280

Dalam acara Bimtek Sosialisasi Edukasi ini bertujuan utk memberikan pengetahuan dan pemahaman secara akurat tentang apa itu Keterbukaan Informasi publik ( KIP ) dan bantuan hukum, bagaimana pengelolaan dana desa agar tidak tersandung dan terindikasi penyimpangan pelanggaran hukum yang berlaku.
Apalagi Dana Desa cukup besar tiap_ tiap desa dan penting dalam pendistribusian kepada masyarakat desa sebagai cara dalam melaksanakan pembangunan bertahap yang dilakukan pemerintah kepada desa di seluruh Indonesia.

Oleh karenanya penting sekali diadakan sosialisasi edukasi ini agar jangan salah dan bias para perangkat desa dalam mengunakan dana desa yang ada ” tegas Kadis PMD Deliserdang Khairul Azman.

Acara ini diadakan pada Senin lusa 4-7 September 2023 yang akan diadakan kegiatan Bimtek ini oleh dua lembaga yaitu LMPI ( Lembaga Mitra Pembangunan Indonesia) dan LSMB ( Lembaga Studi Membangun Bangsa) dengan target Dinas PMD Deliserdang seluruh kepala desa se_Kabupaten Deliserdang mengikuti acara Bimtek ini agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama dalam melaksanakan tugas di desa masing-masing .

Adapun kegiatan dilakukan selama 4 hari 3 malam, dengan biaya Rp 6 juta per perangkat Desa dan per kegiatan yang diikuti oleh Kaur Keuangan Desa dan Kaur Pemerintahan.

Kegiatan dilaksanakan oleh LMPI ( Lembaga Mitra Pembangunan Indonesia ) dan LSMB ( Lembaga Studi Pembangunan Bangsa ) yang diadakan di Karibia Boutique Hotel Medan dan di Hotel Danau Toba Internasional Medan.

Baca Juga  Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Dilaksanakan Dalam Suasana Khidmat Di Kecamatan Cikampek

Dampak positif besarnya, Kepala Desa semakin memahami pentingnya Keterbukaan Publik sebagai Implementasi Tranparansi Informasi kepada masyarakat umum dan Transparansi cara pengelolaan dana desa sehingga jauh kemungkinan ada penyimpangan lagi dalam penggunaan dana desa “.
Semoga dengan Bimtek ini ke depan para perangkat desa semakin menyadari betapa pentingnya hati_hati dalam pengelolaan dana desa dan keterbukaan publik adalah sarana transparansi untuk masyarakat atas penggunaan dana desa yang tepat dan penuh tanggungjawab ” tegas lagi Kadis Khairul.
(L/SMS).

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *