Pemkab Samosir Gelar Advokasi, Koordinasi, dan Bimtek Pokjanal Posyandu Dalam Transformasi Layanan Primer

banner 468x60

Samosir,Busernusantarasorottv.com-Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan advokasi, koordinasi dan bimtek Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, Puskesmas, Camat, PKK dan Mitra dalam pengelolaan Posyandu dalam Transformasi Layanan Primer, yang dilaksanakan di Aula Hotel Aek Rangat, Pangururan, Kamis (14/3).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST, MM, dan diikuti peserta sebanyak 66 orang terdiri dari lintas OPD, TP. PKK, Kepala Puskesmas, Kepala Desa/Lurah dan Kader Posyandu.

banner 336x280

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbicara posyandu harus melibatkan seluruh stakeholder dan berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing. Saat ini, pelayanan kesehatan yang difokuskan ke arah pencegahan merupakan transformasi kesehatan yakni transformasi layanan primer yang ada Puskesmas dan Posyandu.

“Sekarang Posyandu bisa melayani bayi, Ibu, anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia,”  kata Hotraja.

Dibentuknya Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu, kata Hotraja memiliki peran yang sangat penting dalam memberdayakan masyarakat, terutama dalam hal meningkatkan derajat kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi.

“Kelompok kerja ini terdiri dari lintas OPD, PKK dan mitra lainnya. Maka bagaimana kita menyatukan gerak dan sikap dalam membesarkan peran posyandu dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat”, ujar Hotraja.

Hotraja juga berharap, sebagai wadah yang multi fungsi dan multi sektor, pokjanal ini harus memiliki kegiatan dan program yang langsung berdampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir.

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber yakni Jonny Siagian, SH, MM (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara) dan dr. Dina Hutapea (Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir).(Jhones Trnp)

banner 336x280
Baca Juga  43 DESA DI BENGKULU UTARA MENDAPAT DANA TAMBAHAN DARI APBN, SILAHKAN DESA KELOLAH SESUAI ATURAN TEPAT GUNA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *