Penjabat Bupati Kampar Buka ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar

Penjabat Bupati Kampar : Kafilah yang berlaga di MTQ dipastikan Murni putera dan Puteri Asli Kampar

banner 468x60

Perhentian Raja,busernusantarasorottv.com-Penjabat Bupati Kampar Hambali, SE, M, B,A, MH membuka secara resmi perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 tingkat Kabupaten Kampar. MTQ ini digelar sebagai tuan rumah Kecamatan Perhentian Raja, serta dipusatkan di Astaka Utama Desa Pantai Raja Kecamatan Perhentian Raja. (29/2)

Hadir pembukaan MTQ itu diantaranya Gubernur Riau yang diwakili Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau DR. Muliardi, M,Pd, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Perhentian Raja, Pj. Sekretaris Daerah Drs. Yusri, M,Si, Ketua LPTQ Kabupaten Kampar Yurnalis, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Ricana Dyanti Hambali, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Iip Nursaleh, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Ketua MUI Kabupaten Kampar, seluruh Camat, serta kafilah MTQ.

banner 336x280

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Kampar yang diwakili Pj. Sekda Kampar, Drs.H.Yusri, M.Si menyampaikan pelaksanaan MTQ kali ini merupakan momentum yang bertepatan dengan memasuki bulan suci ramadhan, dimana Alquran pertama kali diturunkan. Maka sepekan ini bumi perhentian raja mendapat berkah dengan dikumandangkan ayat-ayat Al-Qur’an yang dilantunkan oleh qori-qoriah terbaik dari urusan 21 kecamatan se-kabupaten Kampar.\

Lebih jauh Yusri menjelaskan bahwa MTQ kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, range waktu antara MTQ tingkat Provinsi dengan MTQ yang kita laksanakan saat ini amat pendek, hanya lebih kurang 2 bulan saja, tentunya untuk menuju keikutsertaan Kampar pada MTQ tingkat Provinsi yang ke 43 perlu mempersiapkan diri secara maksimal, mudah-mudahan hasil MTQ ini dapat membuahkan hasil sesuai yang kita harapkan.

Yusri menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ kali ini berdeda dengan event pertandingan lainnya, kita mengedepankan kesantunan dan kejujuran dalam mengikuti rangkaian mekanisme MTQ khususnya di Kampar, bahwa peserta MTQ kabupaten Kampar yang kita gelar ini terdiri dari pada putra-putri daerah Kabupaten Kampar itu sendiri, yang dibuktikan dengan Identitas diri berasal dari Kabupaten Kampar, sehingga dibalik ini ada unsur pembinaan dari anak asli daerah Kabupaten Kampar.

Baca Juga  KABUPATEN SAMOSIR SUPLAI IKAN DAN BAWANG KE PAKPAK BHARAT,  BUPATI SAMOSIR TEKEN KESEPAKATAN DENGAN BUPATI PAKPAK BHARAT

Lebih jauh Hambali mengatakan kedepannya dalam rangka pengembangan Al-Qur’an sampai ke desa-desa sambil mensyiarkan ke bumi kabupaten Kampar, maka perlu dilaksanakan kembali musabaqoh secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, dan sampai ke tingkat kabupaten.

Dalam kesempatan ini juga, kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya serta ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat terkhusus kepada orang tua yang terlah mengarahkan anak-anak kita untuk belajar Al-Qur’an, para Guru/Ustadz/Buya yang telah mengorbankan waktunya untuk mengajarkan Al-Quran kepada penerus negeri, sehingga pada MTQ kali ini setiap Kecamatan telah mengirimkan putra/putri terbaik dalam rangka mensyiarkan Ayat-ayat Allah Swt.

Mudah-mudahan para orang tuan, para Guru/Ustadz/Buya, anak-anak kami dan semua kita masyarakat Kabupaten Kampar ini termasuk golongan yang terbaik disisi Allah Swt. Kami juga berpesan kepada seluruh peserta agar meluruskan niat dan berikhtiar, sehingga mendapatkan hasil terbaik dan mampu mengharumkan Kabupaten Kampar ditingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Dalam sambutannya Gubernur Riau yang diwakili Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau DR. Muliardi, M,Pd, MTQ ini diselenggarakan untuk mempersiapkan kafilah Kampar yang akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau mendatang. Ia juga menambahkan Pemerintah Provinsi Riau memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan MTQ ini.

Ia juga mengatakan pelaksanaan MTQ ini yang paling utama sebagai umat Islam wajib agar masyarakat Kabupaten Kampar lebih mencintai Al Qur’an ,

E-MTQ menghadirkan transparansi dalam pelaksanaan diberbagai bidang pelaksanaan MTQ, dan yang paling utama adalah pelaksanaan MTQ juga sebagai ajang silahturahmi antar qori dan Qoriah agar lebih memperkuat ukuwah Islamiyyah.

Diakhir arahannya Muliardi mengatakan agar seluruh LPTQ selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau, karena persatuan dan kesatuan akan membawa kesuksesan yang tinggi bagi Provinsi Riau dalam ajang nasional bahkan internasional.

Baca Juga  Pj Gubernur Sumut Hassanudin Pimpin Apel Perdana Kerjakan Amanah yang diberikan dan Lanjutkan yang Sudah Baik

Sementara itu ketua Panitia MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar Yurnalis, S,sos dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan ajang lebih mensyiarkan gema Al Qur’an ditengah-tengaj masyarakat Kabupaten Kampar dan menjadikan Al Qur’an sebagai pegangan hidup dan pedoman menjalani kehidupan.

Yurnalis juga memaparkan Jumlah peserta yang telah terdaftar 607 dan yang lulus seleksi 583, gugur 20 orang yang bukan berasal dari Kabupaten Kampar atau tidak memiliki kartu indentitas asli Kampar. Juri 120 orang berasal dari LPTQ Nasional, Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar, pelaksanaan MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Kampar ini akan digelar dari tanggal 29 Februari hingga 6 Maret 2024.(Zulkifli Sitorus)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *