Spesialis Tukang Taman Dan Kolam Ikan Koi Jalan Brigjen Darsono Baypas Depan PLTG Di Kota Cirebon Yang Muda dan profesional Hp – 085 – 222 – 679 – 943

Berita59 Views
banner 468x60

Sabtu, 14 Oktober 2023. Bagi beberapa orang merawat tanaman hias adalah hobi untuk melepas lelah atau hanya sekedar mengisi waktu luang, selain itu memelihara tanaman hias bisa untuk mempercantik halaman rumah bahkan beberapa tanaman hias memiliki manfaat sendiri, Sabtu – ( 14/10/2024 ).

Hal itu berbeda dengan masyarakat Desa Sunyaragi, Kec. kesambi Kota Cirebon melakukannya, hampir semua orang di desa tersebut merawat tanaman hias, namun bukan hanya sekedar hobi tetapi untuk dijadikan tumpuan ekonomi, jelasnya.

banner 336x280


Bambang Suheri seorang pemilik kios tanaman, Taman Soka Indah, dan dia juga ahli pembuatan skup (pembuatan taman dan kolam Koi) petani tanaman hias yang telah dua puluh lima tahun bergelut di bidang “taman” menceritakan berbagai pengalamannya.

Bambang Suheri menceritakan bahwa sudah dari orang tua mewariskan keahlian di bidang taman atau tanaman hias, “dalam pengerjaan Taman sudah dari dulunya turun-temurun dari orang tua.” jelas Bambang.

Bermodal keahlian tersebut Bambang Suheri dan keluarganya berbisnis jual beli tanaman hias, omzetnya bisa mencapai 5jt atau lebih, tergantung banyaknya orderan dari luar kota dan ketersediaan tanaman yang diminta, “modal baru seadanya jadi omzetnya masih dihitung kecil, instruksi mau nambah modal,” ujar Bambang saat ditanya mengenai omzet dan rencana kedepannya, selain itu Bambang juga menyayangkan karena dirinya tidak memiliki cukup lahan untuk membibit sehingga masih harus bergantung kepada teman sesama petani yang memiliki lahan, tambahnya.

 Bambang pria kelahiran tahun 1982 justru masih menggeluti di bidang tanaman hias, dia baru belajar bertani tanaman hias sekitar dua puluh lima tahun setelahnya. Dua puluh lima tahun belajar dengan cara berbagi pengalaman dengan petani lain, kini Bambang telah memiliki lahan untuk bertani tanaman hias dan bisa membibit tanaman hias jenis tertentu sendiri, “saya masih pemain (petani) , dua puluh lima tahun belajar awalnya stock tanaman beberapa tanaman sekarang sudah punya lahan sendiri, dan mempunyai bermacam – macam jenis bunga yang berbeda – beda, ucap Bambang. saat diwawancara disela kesibukannya di lahan miliknya, imbuhnya.

Baca Juga  PEMDA B/U : JALAN LINGKUNGAN TRANSMIGRASI DESA KARYA BAKTI BLOK C JALUR SMA NEGRI 16 DIBANGUN

Selain menjadi tumpuan ekonomi setiap masyarakat Desa Sunyaragi ternyata bagi yang tidak memiliki modal meski mendapat bagiannya, dan bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, tambahnya.

Bambang sebagai petani tanaman hias juga memberikan sedikit tips untuk merawat tanaman hias, “cukup mudah, hanya dengan menyiram dengan volume udara secukupnya sesuai jenis tanaman, ada yang memerlukan banyak kadar air dan ada juga yang hanya butuh sedikit,” ujar Bambang. jika belum memahami cara perawatan atau belum tahu jenis tanaman apa saja dan bagaimana cara perawatannya lebih baik sering bertanya pada ahli (tukang taman), “kuncinya sederhana, malu bertanya sesat dijalan, jangan sungkan untuk bertanya pada ahlinya atau cari teman yang se-hobi supaya bisa berbagi pengalaman, atau langsung menuhungi saya di Nomor, – Hp ( 085222679943 ), tutupnya.

(M.Budi)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *