Pj Bupati Deli Serdang Ikuti Reforma Agraria Summit 2024

banner 468x60

Deli Serdang(busernusantarasorottv.com) Penjabat Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM mengikuti Reforma Agraria Summit 2024 yang diselenggarakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Acara yang akan berlangsung dari 14-15 Juni 2024 tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria, Kementerian ATR/BPN Dalu Agung Darmawan di The Meru Sanur Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, Jumat (14/6/2024).

banner 336x280

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Penetapan Agraria Kementerian ATR/BPN mengatakan acara ini dirancang untuk membahas berbagai isu penting mengenai kebijakan reforma agraria selama 10 tahun terakhir, sejak dilaksanakan pada 2014.

Isu yang dibahas antara lain penyelesaian konflik tanah dan aset-aset tanah badan usaha milik pemerintah.

“Beberapa isu yang menjadi pembahasan yaitu resolusi konflik, penyelesaian tanah-tanah aset BUMD dan BUMN, kemudian tanah-tanah transmigrasi,” ujarnya

Selain itu, pertemuan ini juga membahas pengadaan tanah di permukiman air dan pesisir, serta pelepasan kawasan hutan. Pembahasan berbagai hal itu pun mendapatkan pertimbangan dari sejumlah pihak yang memiliki kapasitas terkait, termasuk soal data.

“Kita diskusikan semua itu, beberapa narasumber telah memberikan justifikasi terkait dengan data, ya datanya harus komplet, harus terdata dengan baik,” imbuhnya.

Menurutnya, harus diakui bahwa perlu ada kerja sama antarlembaga agar segala macam masalah pertanahan bisa diselesaikan bersama, misalnya soal tanah transmigrasi.

Untuk melengkapi tercapainya tujuan reforma agraria, pertemuan puncak ini juga akan mengevaluasi pencapaian reforma agraria sekaligus memproyeksi tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada tahun-tahun mendatang.

“Tentu harapan kita adalah bagaimana kita dapat menuntaskan berbagai persoalan reforma agraria melalui berbagai rencana aksi. Kita juga ingin membuat database yang selanjutnya akan kita gunakan sebagai dasar untuk pelaksanaan reforma agraria di pemerintahan selanjutnya,” terangnya.(P.Sihombing)

banner 336x280
Baca Juga  Deli Serdang Jadi Penyangga Perekonomian Provinsi Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *