Spensa Creative Artes Festum (Spectrum) Ajang Kreativitas Siswa-siswi SMPN 1 Kota Cirebon

Pendidikan8 Views
banner 468x60

Cirebon, BusernusantarasorotTV.com– Ajang kreativitas bagi siswa-siswi pada gelaran Spensa Creative Artes Festum (Spectrum) di SMPN. 1 Kota Cirebon yang dilaksanakan selam empat hari dari Senin hingga Kamis (26/2/24).

Hari pertama Pembukaan acara tersebut dihadiri sejumlah Kepala Sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Sekolah (MKKS) tingkat SMP Negeri, Kadisdik Kadini S.Sos, Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Pembangunan.Agung Sedijono serta Pj. Walikota Cirebon H. Agus Mulyadi.

banner 336x280

“Alhamdulillah Pembukaan hari ini, Spectrum merupakan ajang mengekspresikan diri dari kreativitas seni dan budaya termasuk di bidang ekonomi.” jelas Lilik Agus Darmawan selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Cirebon.

“Bagi siswa-siswi kelas IX ini merupakan ujian praktek di bidang seni, budaya’ mereka tampil dan di mata pelajaran IPA dan IPS mereka juga dapat memproduksi produk makanan yang dapat dijual.” terangnya.

Tambah Lilik, kelas VII dan VIII merupakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebhinekaan mereka akan tampil juga di event ini. Nanti selama empat hari ini yang pentas bergiliran, kegiatan Spectrum ini diselenggarakan setiap tahun dan di Kurikulum Merdeka dengan P5 yang kedua kita gabung menjadi satu.” tambahnya.

Kadisdik Kota Cirebon Kadini S.Sos menerangkan, kegiatan ini merupakan Implementasi dari Kurikulum Merdeka melalui P5.

“Kegiatan ini bagus sekali, untuk menumbuhkan karakter P5 pada anak-anak melalui P5.” terangnya.

Dalam kesempatan itu Pj. Walikota Cirebon Agus Mulyadi mengapresiasi kegiatan siswa-siswi di SMPN 1 yang disebut Spectrum.
Kegiatan ini diadakan menjelang usia SMPN 1 Kota Cirebon ke-100 tahun, diisi dengan berbagai kegiatan dan ekspresi seni diantaranya adalah :
1.Tarian Tradisional.
2.Menyanyi.
3.Drama.
4.Ekspresi kostum. 5.Pameran karya seni. 6.Bazar UMKM dan lainnya.

Baca Juga  UPACARA HUT REPUBLIK INDONESIA ke-78 SDN 019 SUKARAMAI

Kegiatan tersebut dipusatkan di SMPN 1 Kota Cirebon Jalan Siliwangi berlangsung meriah.

Pj. Walikota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, Spectrum merupakan kreasi seni siswa-siswi SMPN 1 Kota Cirebon sebagai media agar anak didik bisa menyalurkan kreativitas dan bakat seninya.

“Kami mengapresiasi Spectrum di SMPN 1 Kota Cirebon ini menjadi bagian dari suatu apresiasi seni dari anak-anak yang menjadi wadah ekspresi seni dan kreativitas.” jelasnya.

Dan juga mengapresiasi, semangat serta komitmen anak-anak yang terlibat dalam Spectrum baik dari segi persiapan hingga pelaksanaan kreasi seni.

“Yang lebih penting lagi bagaimana mereka mempersiapkan baik dari sisi personelnya, konsep acaranya, persiapan kostum, dan latihannya. Itu sebuah proses yang saya nilai menjadi bagian dari kekuatan yang sebenarnya.” ungkapnya.

Selain itu juga Ia menjelaskan, pelajaran yang dapat dipetik dari gelaran Spectrum SMPN 1 Kota Cirebon adalah bagaimana anak didik bisa berinteraksi sosial dengan teman sebayanya dalam koridor yang positif.

Interaksi positif juga dapat terjalin antara anak didik dengan orang tua dan para guru yang ada di Sekolah.

“Maka dari itu kami mendorong kepada seluruh Sekolah untuk mengagendakan acara-acara seperti ini, mereka memiliki energi yang besar, tapi kita juga harus bisa menyalurkannya ke hal-hal positif dan bermanfaat. Ini akan menjadi sebuah memori terindah yang tidak akan mereka lupakan.” pungkasnya.
(Bam)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *