WARGA DAN MASYARAKAT BENGKULU UTARA YANG KURANG MAMPU JANGAN TAKUT JIKA INGIN BEROBAT : INI PENJELASANNYA

Stories44 Views
banner 468x60

 

BENGKULU UTARA, busernusantarasorottv-Perlu Warga Masyarakat, Khususnya Masyarakat Di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara Mengetahui Adanya Program Bantuan Warga Yang Kurang Mampu Untuk Berobat.

banner 336x280

 

Dimana KBRN Bengkulu Utara Kepala Dinas Sosial Bengkulu Utara Agus Sudrajat Mengatakan, Bahwa Jika Warga Yang Tidak Mampu Jangan Takut Jika ingin Berobat. Karena, Pemda Bengkulu Utara Memiliki Program Bantuan Dan Layanan Pendukung Selama Pengobatan Bagi Warga Kurang Mampu Yang Telah Terdaftar Sebagai Peserta BPJS PBI.

 

Agus Menambahkan Sesuai Perbup Nomor 29 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Daerah, Bahwa Peserta BPJS PBI Dapat Memperoleh Bantuan Pendukung Pelayanan Lainnya. Artinya, Tanggungan Bukan Hanya Pada Biaya Pengobatan, Namun Hal Lain Seperti Biaya Transportasi Untuk Dirujuk Ke Rumah Sakit Luar Daerah Dan Juga Anggaran Makan Bagi Keluarga Yang Mendampingi Menunggu Sang Pasien.

 

Bantuan ini Dikhususkan Bagi Pasien BPJS Kurang Mampu Atau BPJS PBI. Yakni, Peserta BPJS Yang Iurannya Ditanggung Oleh Pemerintah.

 

Adapun Rincian Bantuan itu Adalah Biaya Makan Selama 4 Hari Dengan Total 1 Juta Rupiah Atau 250 Ribu Perhari. Sehingga Bantuan Makan Minum Untuk Penunggu Pasien Berupa Bantuan Uang Tunai.

 

Sementara itu Juga Terdapat Bantuan Transportasi Pesawat Atau Bus Jika Pasien Harus Dirujuk Ke Luar Daerah Propinsi Sebesar 5 Juta Rupiah.

 

Menurut Agus, selama ini terdapat keluhan banyak warga yang tidak punya uang jika keluarganya harus di rujuk ke RS lain. Sehingga selama ini Banyak Warga Yang Tidak Jadi Dirujuk Akibat Tidak Ada Ongkos Tiket.

 

Hal itu karena berbagai pengeluaran tersebut tentu diluar tanggungan BPJS. Sehingga bantuan bantuan tadi merupakan upaya agar pengobatan bagi Warga Bengkulu Utara Tidak Terhalang Lagi.

Baca Juga  Pengusaha Sukses Biro Periklanan di Kabupaten Kuningan

 

Program ini Diakui Agus Sudrajat Sudah Berlaku Sejak Oktober 2022 dengan Sumber Dana Yang Berasal Dari APBD Bengkulu Utara. Sejauh ini Program Bantuan Pendukung Pengobatan Sudah Tersalurkan Kepada 24 Pasien, Yang 6 Diantaranya Dirujuk Ke Sejumlah Rumah Sakit Di Jakarta, Jawa Dan Palembang.

 

Agus Menambahkan, “Saat ini Ada 9 Pasien Tercatat Sedang Dalam Proses Untuk Menerima Bantuan. Dimana Bantuan Tersebut Sesuai Aturan Adalah Warga Yang Berhak Menerima Bantuan itu Adalah Warga Yang Ber KTP Bengkulu Utara.” Pungkas Kadisos Bengkulu Utara.

 

(Thomas.Bkl)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *