Letjen Bambang Ismawan Sosok Perwira Tinggi Ideal Yang Layak Suksesi TNI

Polisi19 Views
banner 468x60

Jakarta,Busernusantarasorot tv-Gerbong suksesi Masa dinas keprajuritan Panglima TNI Jenderal Yudo Margono akan segera berakhir, seiring usia beliau genap 58 tahun pada 26 November 2023.

 

banner 336x280

Kepemimpinan Kepala Staf Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia (TNI) (KASAD) Jendral TNI Dudung Abdurrahman dalam waktu dekat juga akan mengalami pergeseran yang dalam waktu yang hampir bersamaan juga akan memasuki masa pensiun pada 19 November 2023 nanti.

 

Proses demokrasi Pemilihan Umum di Indonesia akan menghadapi tantangan besar di Pemilu 2024 yang akan datang. Indonesia untuk pertama kalinya menyelenggarakan pemilu serentak dimana Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan pemilihan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten serta Pemilihan anggota DPD RI 14 Februari 2024.

 

Sebanyak 18 partai politik nasional serta 6 partai lokal Aceh akan memperebutkan kursi legislatif pusat menuju Senayan dan daerah serta berjuang untuk memenangkan pasangan Capres-Cawapres yang akan berlangsung

 

Pesta demokrasi 5 tahunan ini tentu saja membutuhkan peran serta TNI sebagai Patriot Bangsa yang turut serta mengawal pesta Demokrasi sesuai dengan tugas Undang undang yang melakat padanya.

 

Prediksi dari Pembina Konsorsium Sumatera Utara Beruntung, Haji Albiner Sitompul mengatakan dengan berbagai tantangan yang ada, TNI membutuhkan sosok pemimpin yang bisa berperan sebagai dinamisator dan stabilisator untuk memastikan program pembangunan yang berkelanjutan dalam pemerintahan Joko Widodo.

 

Menurut pengamatan Albiner Sitompul, pengganti Panglima TNI yang akan datang harus mempunyai karakter kuat dan tenang, serta mapan dan pengalaman dalam masa penugasan sebelumnya juga proaktif serta menguasai teritorial Darat.

 

Oleh karena itu, Albiner berpendapat bahwa sosok yang layak kemungkinan akan di usulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertimbangkan Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan sebagai alternatif Panglima TNI berikutnya.

Baca Juga  Polri Gandeng Ustaz Das'ad Latif untuk Mendorong Pemilu Damai

 

Albiner menerangkan sosok Bambang Ismawan. Akmil 1998 yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI adalah sosok yang tenang dan dinamis.

 

“Beliau sudah menjabat 2 kali Jabatan Letnan Jenderal. Masa pensiun Agustus 2024. Sosok yang tenang dan dinamis,” ujar Albiner kepada Wartawan 12/Oktbber/2023 di Jakarta.

 

Albiner menambahkan Presiden Jokowi kemunginan juga akan menunjukkan Letjen Bambang Ismawan, perwira tinggi senior saat ini sebagai KASAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman.

 

“Jika nantinya prediksi ini benar dan Letjen Ismawan dapat mengganti KASAD Dudung Abdurachman pada bulan Nopember. Letjen Bambang Ismawan menguasai teritorial dan Insyaallah beliau amanah dan layak,” tuturnya kembali.

 

Meski begitu, Albiner menyerahkan sepenuhnya penentuan sosok Panglima TNI dan KASAD sepenuhnya hak prerogatif Presiden Jokowi

 

“Terimakasih pak Presiden, segalanya kembali kepada hak prerogatif Presiden selaku pemegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Perang Republik Indonesia,” tutupnya.

(L/SMS).

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *