Polres Kampar Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla 2024 Tingkat Kab. Kampar

Polisi4 Views
banner 468x60

 

KAMPAR,busernusantarasorottv.com– Selasa pagi (19/3/2024) mulai pukul 08.00 Wib, bertempat di lapangan Mapolres Kampar dilaksanakan Apel Kesiapsiagaan penanggulagan Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan tingkat Kabupaten Kampar.

banner 336x280

 

Apel Kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla tahun 2024 di Kabupaten Kampar ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja dan dihadiri Pj Bupati Kampar yang wakili Oleh Drs.Yusri , Dandim 0313/ KPR Letkol Inf. Setiawan Hadi Nugroho S.H. M.I.P Danyon 132/BS diwakili oleh Komandan Kompi Bantuan Lettu Inf Sumarlin, Kepala Kejaksaan Negeri Kampar yang diwakili Dikri, Kalaksa BPBD Kampar Drs. Agustar, Kadis Damkar Hendri Dunan serta Perwakilan Forkopimda lainnya.

 

Untuk Peserta apel terdiri dari , Personel TNI dari Kodim 0313/ KPR, Personel Polres Kampar, Satpol PP Kampar, BPBD Kampar, Damkar, Tagana, dinkes dan DLH Kampar

 

Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja selaku Pimpinan Apel dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Apel kesiapsiagaan yang diselenggarakan ini dilaksanakan untuk mengecek Kesiapan Kita dan kelengkapan Sarana prasarana dalam menghadapi karhutla di tahun 2024 sehingga diharapkan nantinya semua perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan optimal dan maksimal.

 

Pemerintah provinsi riau menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan & lahan (karhutla). Penetapan itu berdasarkan  Surat Keputusan Nomor: KPTS.293/III/2024 yang ditandatangani Pejabat (Pj) Gubernur Riau S.F. Hariyanto.

 

Penetapan status Siaga Darurat Karhutla  dilakukan menyusul peralihan musim menuju kemarau berdasarkan prediksi badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sehingga antisipasi karhutla dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Menindaklanjuti penetapan status siaga darurat karhutla tersebut, kabupaten kampar juga akan menetapkan status siaga di seluruh wilayah Kabupaten Kampar, hal ini dilakukan untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten kampar.

Baca Juga  Kapolda Sumut Narasumber, 8 Tahun Indonesian Palm Oil Stakeholders Forum (IPOS - FORUM)

 

Sebangaimana kita ketahui bersama bahwa di wilayah kabupaten kampar ini rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga menjadi perhatian kita bersama untuk mengantisipasi penanganan karhutla tersebut.

 

Untuk menghadapi tugas mulia ini dalam rangka mengantisipasi karhutla ini, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan:

 

Siapkan fisik, mental dan peralatan yang siap operasional setiap waktu dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

 

Petakan daerah rawan terjadinya bencana karhutla di seluruh wilayah Kabupaten Kampar dan Laksanakan patroli sinegritas ke wilayah rawan karhutla serta Persiapan sarana dan prasarana yang ada untuk mengantisipasi bila terjadi karhutla.

 

Perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh stake holder dan segenap komponen masyarakat dan tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk potensi ancaman dan, selalu menitor hotspot di dashboard lancang kuning, tutup Ronald

 

Sebelum mengakhiri sambutan ini saya tekankan kembali selama menjalankan tugas jangan lupa Do’a kepada tuhan yang esa dan utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan memperdomani standar operasional prosedur yang ada.

 

Upacara diakhiri Pembacaan Do’a dan ditutup dengan sesi Foto Bersama Kapolres Kampar dengan Forkopimda yang hadir, seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar.**(Pajar Saragih).

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *