SMK NEGERI 1 SEI KEPAYANG SUKSES MELAKSANAKAN UJIAN KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) TAHUN 2024

Pendidikan62 Views
banner 468x60

Asahan,busernusanantarasorottv.com-Uji Kompetensi Keahlian yang selanjutnya disebut UKK adalah asesmen terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan oleh satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia kerja di akhir masa studi atau Lembaga Sertifikasi Profesi dengan memperhatikan paspor keterampilan (skill passport) dan/atau portofolio untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada standar kompetensi atau kualifikasi tertentu. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 1 Sei Kepayang Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan pada tanggal 19 Februari s/d 27 Februari 2024 yang bertujuan untuk 1. Mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi; 2. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia; dan 3. Mendorong kerja sama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan UKK sesuai kebutuhan dunia kerja. Untuk memastikan pelaksanaan UKK  berjalan dengan lancar, Sebelum pelaksanaan UKK SMK Negeri 1 Sei Kepayang melakukan verifikasi Tempat Ujian Kompetensi (TUK) yang dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2024 oleh TIM Verifikasi TUK SMK yang ditugaskan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V. Hasil rapat pleno Tim Verifikasi UKK yang dilaksanakan pada tanggal 06 Februari 2024 SMKN 1 Sei Kepayang dinyatakan Layak Sebagi Tempat TUK UKK.

Sasaran sebagai peserta UKK adalah seluruh peserta didik SMK Kelas XII yang terdiri dari Jurusan RPL Sebanyak 56 Orang, TBSM Sebanyak 42 dan APHP sebanyak 22 Orang. Jenis uji Kompetensi keahlian SMKN 1 Sei Kepayang Melaksanakan UKK Mandiri Bersama Mitra DU/DI Industri yang berasal dari : Untuk Jurusan RPL Berasal dari LKP Royal Skill, TBSM Berasal dari Bengkel Kubota Bang Jun Service dan APHP Berasal dari UD. Roti Jamel. Saat Pelaksanaan UKK Berlangsung SMKN1 Sei Kepayang Juga pada tanggal 22 Februari dikunjungi oleh tim kerja dari Cabdis Wilayah V untuk memastikan pelaksanan UKK Berjalan dengan baik dan Lancar. Tim Kerja dari Cabdis Wilayah V yaitu Ibu Nurhidayana, S.P., M.Si. memberikan masukkan kepada SMK Negeri 1 Sei Kepayang agar tetap mempertahankan dan berinovasi memanfaatkan Aset yang ada untuk keberlangsungan mutu tamatan dalam penyerapan lulusan yang siap kerja dan berwirausaha.

banner 336x280

Selanjutnya Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sei Kepayang Bapak Herman Setiadi, S.Pd., M.Pd menyampaikan agar panitia penyelenggara memastikan peserta didik yang mengikuti UKK terlayani dengan baik dipastikan seluruh siswa/i mengikuti tanpa ada absen tanpa keterangan. Setelah kegiatan UKK,  Kepala SMKN 1 Sei Kepayang Juga memastikan akan segera menerbitkan sertifikat kompetensi bagi siswa/i yang kompeten dan sangat kompeten sesuai dengan petunjuk pedoman penyelenggaraaan uji kompetensi keahlian SMK yang berlaku.(Lincuan)

banner 336x280
Baca Juga  Rapat Guru SD dan SMP Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan: Merancang Masa Depan Pendidikan dengan Kurikulum Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *