SMK NEGERI 1 SEI KEPAYANG SUKSES MENGGELAR KEGIATAN PERKEMAHAN BERSAMA SEKALIGUS PERINGATAN HARI PRAMUKA YANG KE-62

Pendidikan37 Views
banner 468x60

Asahan,busernusantarasorottv-SMKN 1 Sei Kepayang menggelar kegiatan pramuka Perkemahan Bersama Sabtu Minggu (Kemsama) dan sekaligus peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan 14-15 Oktober 2023 di Bumi Perkemahan SMKN 1 Sei Kepayang.

Saat peserta tiba di lokasi perkemahan setelah menyimpan bekal peralatan dan bahan yang dibutuhkan selanjutnya peserta melakukan registrasi. Perkemahan Bersama ini diikuti dari beberapa sekolah yaitu SMAN 4 Tanjungbalai Sebanyak 50 Peserta dan Kakak Pembina 3 Orang, SMKN 4 Tanjungbalai Sebanyak 24 Peserta dan Kakak Pembina 6 Orang, MAS Alwasliyah Sei Kepayang Sebanyak 24 Peserta dan Pembina 2 Orang  dan MAS Nurul Ikhsan Bangun Baru Sebanyak 20 Peserta dan Pembina 3 Orang, dan dari SMKN 1 Sei Kepayang Terdiri dari 29 Peserta dan Pembina 2 Orang Total Keseluruhan 147 Peserta dan 16 Kakak Pembina dari setiap Pangkalan.

banner 336x280

Panitia berasal dari Pangkalan SMKN 1 Sei Kepayang 20 orang dan didampingi oleh guru SMKN 1 Sei Kepayang Sebanyak 10 Orang.

Kegiatan perkemahan diawali dengan Upacara Pembukaan di Aula SMKN 1 Sei Kepayang yang langsung dipimpin oleh Kepala SMKN 1 Sei Kepayang Bapak Herman Setiadi, S.Pd., M.Pd. dan dihadiri oleh Kakak Pembina dari setiap pangkalan, Seketaris Camat Sei Kepayang, Utusan Koramil 10 Sei Kepayang Bapak Halimat dan Ketua Komite Sekolah Bapak Khoirul Akmal.

Pemimpin upacara dipimpin oleh Adik Mahdi dari Sekolah MAS Alwasliyah dan Laporan panitia oleh ketua pelaksana Adik Muhammad Hidayat dari SMK Negeri 1 Sei Kepayang. Kamabigus SMKN 1 Sei Kepayang Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar adik-adik menanamkan Nilai-nilai Dasa Darma Pramuka untuk bekal/pegangan hidup dimasa depan.

Beliau juga menyampaikan Tema Hari Pramuka Ke 62 “Membangun Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional” dan menekankan Motto Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan sehingga nantinya adik-adik mengikuti kegiatan mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan tetap menjaga kode kehormatan pramuka.

Baca Juga  DANA BOS BISA DIGUNAKAN UNTUK KEGIATAN LAIN-LAIN DAN SMA/SMK DILARANG MEMINTA UANG SPP : BACA PEJELASANYA

Selanjutnya Kamabigus SMKN 1 Sei Kepayang Bapak Herman Setiadi, S.Pd., M.Pd. Menyematkan Secara Simbolik Tanda Peserta yang menandakan peserta secara resmi dapat mengikuti kegiatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan mendirikan tenda. Peserta diberikan waktu 60 Menit untuk mendirikan tenda. Tenda sudah berdiri, menandakan perkemahan sudah mewarnai lapangan SMKN 1 Sei Kepayang.

Untuk Memeriahkan kegiatan pada tahun ini panitia pramuka mengadakan 5 Perlombaaan yaitu Lomba Kegiatan Baris Berbaris (LKBB) Variasi, Lomba Memasak, Lomba Pionering dan Lomba Penjelajahan. Juara yang diambil adalah juara 1, 2, 3 dan juara umum. Hari Pertama untuk mengisi kegiatan di sore hari dilanjutkan dengan LKBB Variasi, Lomba Memasak dan Lomba Pionering. Untuk Lomba Penjelajahan dilanjutkan pada hari Kedua. Setelah selesai lomba hari pertama dilanjutkan dengan Apel Sore dan ISHOMA.

Malam hari kegiatan dilanjutkan dengan acara dan pentas seni kreasi dari barbagai sekolah yang akan dilaksanakan tepat pada pukul 20.00 Wib sampai dengan selesai pukul 21.00 Wib. Kegiatan pentas seni kreasi dilasanakan di Aula SMKN 1 Sei Kepayang yang bertujuan untuk menghibur dan sesama peserta agar saling mengenal. Selanjutnya dilanjutkan dengan Upacara Api Unggun sampai dengan pukul 23.00 Wib. Pembina pramuka SMKN 1 Sei Kepayang, yaitu Bapak Anhar Marpaung, S.Pd yang langsung memimpin upacara api unggun.

Dalam amanahnya beliau menyampaikan kepada adik-adik bahwa Api unggun dalam pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan dialam terbuka khususnya pada malam hari. Dalam kegiatan api unggun terdapat beliau menjelaskan 5 makna filosofis api unggun bagi adik-adik peserta yaitu 1. Kekuatan dalam keragaman; 2. Persatuan dan Kekeluargaan; 3. Penerangan dan Pendidikan; 4. Hubungan dengan Alam; dan 5. Semangat gotong royong. Pelaksanaan Api Unggun dilakukan oleh petugas Api Unggun sejumlah 10 orang mengelilingi. Setiap petugas menyalakan api unggun dengan memberikan obor secara estapet sekaligus mengucapkan Dasa Darma Pramuka. Pukul 23.00 – 05.00 Wib adik-adik peserta Ambalan Bantara Istirahat.

Baca Juga  SMA Negri 1 ciniru mengikuti Seminar Motivasi

Acara Hari Kedua

Acara hari kedua dilanjutkan dengan Giat Pribadi dari pukul 05.00-06.30 Wib. Dilanjutkan dengan senam pagi dan apel pagi. Pembina Upacara memastikan kepesertaaan setiap pangkalan lengkap dan kondisi peserta sehat.

Panitia Menjelaskan acara selanjutnya dalan pelombaan Penjelajahan yang terdiri dari 3 Posko yang akan dilalui peserta. yaitu Posko 1 Sandi, Posko 2 Morse, dan Posko 3 Semaphore. Panitia memanfaatkan perladangan disekitaran sekolah untuk area penjelajahan. Setiap daerah penjelajahan diberikan tanda khusus untuk membati peserta agar tidak ada yang tersesat. Seluruh Peserta merasakan dekat dengan alam dan bagaimana manusia harus dapat menjaga lingkungan serta dapat bertahan hidup bergantung dengan alam. Kegiatan ini selesai pada pukul 12.00 Wib dan dilanjutkan dengan ISOMA sampai Pukul 13.30. Pukul 13.30 sampai pukul 14.30 Persiapan Upacara Penutupan.

Upacara penutupan dipiimpin Oleh Waka Humas SMKN 1 Sei Kepayang Bapak Jastima Bakti Silalahi, S.Pd., Gr. Acara Penutupan berjalan dengan khidmat dan dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta dan ditutup tetap pada pukul 15.00 Wib.

Selanjutnya Penyerahan Hadiah Lomba yang dibacakan Oleh Waka Kesiswaan Bapak Eri Dwi Saputra, Amd. Seluruh peserta bersorak kegirangan Ketika juara-juara lomba dibacakan. Foto Bersama mengakhiri kegiatan Perkemahaan Bersama di Pangkalan SMKN 1 Sei Kepayang. (lincuan siregar/ jonpiter hasibuan/Humas)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *